Rabu, 13 Februari 2013

Bagaimana terjadi Hujan ??? |fenomena fisika sederhana|

hujan merupakan peristiwa turunnya air ke permukaan bumi. Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting vital bagi kelangsungan dan perkembangan makhluk hidup di Bumi.


Di Indonesia, Hujan merupakan salah satu musim , merupakan hal yang ditunggu dan hal yang menakutkan sebagian pihak. tergantung bagaimana kita merawat lingkungan kita..



yaaaa.......itulah dua sisi kehidupannya,

okeee sekarang kita membahas, bagaimana terjadi hujan???

ada beberapa tahap yang dilalui dalam proses terjadinya hujan, namun pada dasarnya proses terjadinya hujan disebabkan oleh penguapan di bumi beserta isinya, diantaranya penguapan dari air seperti laut, sungai, danau, tumbuhan, hewan dan serta manusia dan lain sebagainya yang mempunyai kandungan air di bumi.

Proses terbentuknya hujan : berawal dari penguapan  air atau evaporasi yang terjadi di bumi akibat adanya bantuan panas matahari. adanya perpindahan fluida karena penguapan merupakan pengaruh peristiwa konveksi. Konveksi adalah proses pemindahan panas oleh gerak massa suatu fluida dari suatu daerah ke daerah lainnya. kemudian, uap air mengumpul diudara.

lalu uap uap mengalami pemadatan (kondensasi). Hasil kondensasi ini yang di sebut awan, dan awan ini bergerak akibat hembusan angin dan membuat awan saling bertindih (membesar saat bertemu).
kemudian terus keatas hingga mencapai atmosfir yang suhunya lebih rendah atau dingin, sehingga membentuk butiran-butiran air/es yang semakin berat dan pada akhirnya mengalami presipitasi yang disebut jatuhnya air ke bumi dan terjadi hujan.
ada dua hujan yang mungkin; 
Karena semakin rendah (jatuh ke bumi), mengakibatkan suhu semakin naik maka es/salju akan mencair dan berupa hujan air, namun jika suhunya sangat rendah, maka akan turun tetap menjadi hujan es/salju.




Hujan merupakan fenomena alam yang dijelaskan secara fisika :) 
semoga bermanfaat yaaaa........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar